Manfaat Dan Khasiat VCO Untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Khasiat Minyak VCO Untuk Kolesterol Tinggi

Khasiat VCO Untuk Kolesterol

Sobat pembaca sekalian...!

Pada halaman ini kita akan membahas tentang khasiat VCO untuk mengatasi kolesterol tinggi. Seperti kita ketahui bersama, kolesterol adalah momok dalam dunia kesehatan. Itu terjadi kalau kolesterol mengalami kenaikan sehingga melewati ambas batas aman.

Sebenarnya kolesterol tidak harus ditakuti selama keberadaannya dalam darah masih dalam batas normal. Justru kolesterol dibutuhkan oleh tubuh karena pada batas-batas normal justru kolesterol sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh.

Namun apabila terjadi kolonjakan di atas batas normal, maka kolesterol akan berdampak kurang baik bahkan sangat berbahaya terhadap kesehatan. Pada kondisi inilah maka diperlukan tindakan untuk menurunkan kolesterol tinggi tersebut. Di sinilah VCO mengambil peran untuk menurunkan kolesterol tinggi. Khasiat VCO untuk kolesterol tinggi sudah banyak di teliti oleh banyak pakar kesehatan. Keampuhan Minyak VCO untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi telah menjadi perhatian serius para pakar kesehatan untuk diteliti dan dibuktikan.

   VCO Antikolesterol Tinggi

Khasiat Minyak VCO Untuk Mengatasi Kolesterol TinggiKandungan-kandungan lain dalam minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) seperti asam laurat, asam kaprat, asam kaprilat, dan asam kaproat terbukti efektif sebagai antivirus, antibakteri, antidiabetes, antiobesitas, bahkan antikanker. Sayang, masih banyak orang ragu meminum minyak kaya manfaat itu. Riset secara klinis efek kolesterol ekstrak Cocos nucifera itu diteliti oleh K.G. Nevin dari Department of Biochemistry, University of Kerala, India. Nevin menemukan VCO tak meningkatkan kolesterol dalam darah, justeru melindungi jantung. Sebabnya, VCO mampu meningkatkan kolesterol baik dan mengenyahkan kolesterol jahat.

Penelitiannya melibatkan 3 kelompok tikus masing-masing 6 ekor. Selama 45 hari seluruh tikus percobaan itu diberi minyak kacang 8 g/100 g bobot tubuh sebagai kontrol, minyak kelapa asli 8 g/100 g, dan VCO 8 g/100 g. Pada hari ke-46 hewan percobaan dipuasakan selama satu malam sebelum diinjeksi mati dengan menggunakan sodium pentatonat.

Serum jaringan darah, hati, ginjal, dan jantung dianalisis kadar lemaknya. Caranya, sebanyak 500 mg jaringan darah dihomogenisasi dengan kloroform dan metanol, perbandingan 2:1, lantas dicampur dengan 0,02% kalsium klorida. Setelah diaduk dan didiamkan. Minyak menyambung di bagian atas. Airnya diserap menggunakan teknik evaporasi agar menjadi bubuk kering.

Dari situlah total kolesterol, trigliserida, dan fosfolipida. Hasilnya nilai kolesterol di jaringan darah tikus pengkonsumsi VCO 17% lebih rendah dibanding minyak kacang dan minyak kelapa. Bahkan, pada jantung dan hati, total kolestrolnya 23% dan 30%, lebih rendah dibanding minyak kacang dan minyak kelapa.

Nilai trigliserida pada darah tikus pengkonsumsi VCO juga menunjukkan 46% lebih rendah dibanding kontrol minyak kacang dan pembanding minyak kopra. Di Indonesia, uji praklinis VCO terhadap kolesterol juga dilakukan oleh Dr Joko Sulistyo, periset dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, LIPI. Hasil risetnya; kadar kolesterol mencit yang diberi VCO 50 mikroliter turun 9 mg/dl pada hari ke- 28. Melorotnya kolesterol itu juga diimbangi oleh naiknya HDL-dikenal sebagai kolesterol baik-pada hari ke-13. Itu amat menggembirakan lantaran memperkecil risiko beragam penyakit seperti serangan jantung dan arteriosklerosis.(Ari Chaidir/Peliput: Faiz Yajri & Vina Fitriani) - Trubus 2009

Itulah sedikit gambaran dari manfaat dan khasiat VCO untuk kolesterol. Mudah-mudahan dengan ulasan dan pemaparan dari khasiat VCO untuk mengatasi kolesterol tinggi di atas bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangan bagi Anda dalam mencari solusi atas penyakit yang Anda derita. Semoga bermanfaat..

 

khasiat VCO untuk mengatasi kolestero tinggi

Cara Pemesanan Produk Kami